Breaking News

Jumat, 02 Juni 2017

SURAT HASIL UJIAN SEMENTARA

Berikut ini ada sebuah video yang saya upload di youtube yang menggambarkan bagaimana mengumpulkan data di excel untuk membuat surat-surat yang dibutuhkan oleh siswa yang lulus pada tahun pelajaran 2016/2017. Data tersebut dikumpulkan mulai dari melengkapi biodata siswa yang di ambil dari http://emispendis.kemenag.go.id/vervalun/login.php   ataupun dari http://biounsmp.kemdikbud.go.id/. Setelah itu mengisi nilai rapor dari semester 1 sampai 6 sehingga nanti di dapat nilai rata-rata rapor dan nilai ujian madrasah/sekolah, ini sesuai dengan keputusan dirjen pendis nomor 2094 tahun 2017 yang dikeluarkan pada tanggal 10 April 2017. Maka dengan adanya nilai tersebut sehingga SHUN Sementara bisa dicetak untuk keperluan siswa.

Disamping itu juga dalam file excel tersebut juga bisa kita buat surat-surat yang lain, seperti surat keterangan berkelakuan baik, surat keterangan menduduki kelas IX, surat keterangan sudah mengikuti ujian nasional dan juga surat keterangan lulus ujian nasional yang barang kali besok atau lusa sudah diperlukan oleh siswa. Formula yang kita gunakan dalam file excel tersebut hanyalah formula yang sering kita gunakan dalam pekerjaan sehari-hari seperti SUM, +, AVERAGE, RANK, VLOOKUP, dan formula sederhana lainnya.

Berikut videonya ...

Untuk file excelnya jika teman-teman membutuhkan bisa di unduh, tetapi isinya mungkin masih sangat kekurangan, maklum kita membuatnya untuk kepentingan siswa kelas IX saja untuk mempermudah dalam pengadministrasian. Berikut file excelnya bisa diunduh disini.

6 komentar:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by BeGeEm