Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) merupakan penilaian kompetensi mendasar terhadap seluruh murid madrasah jenjang MI, MTs dan MA sebagai alat ukur untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.
Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia, disingkat AKMI adalah asesmen yang dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter. Hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran
Literasi numerasi merupakan kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari.
Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah, mengembangkan kapasitas individu, sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.
Literasi sains adalah pengetahuan dan kecakapan ilmiah dalam mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta mengambil simpulan berdasar fakta, memahami karakteristik sains, serta kesadaran bagaimana sains dan teknologi mempengaruhi manusia dan lingkungan.
Literasi sosial budaya merupakan kemampuan individu dan masyarakat dalam bersikap terhadap lingkungan sosialnya sebagai bagian dari suatu budaya dan bangsa, termasuk kemampuan untuk menerima dan beradaptasi, serta bersikap secara bijaksana atas keberagaman.
1. Pemberitahuan Pendataan Tahap I
2. Pemberitahuan Pendataan Tahap II
3. Prosedur Operasional Standar (POS) AKMI Tahun 2021
Berikut ini Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : 2884 Tahun 2021 Tentang Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan AKMI Tahun 2021.
Sosialisasi POS AKMI Tahun 2021
4. Pemberitahuan Revisi Jadwal Penyelenggaraan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2021
5. Nama-nama Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam Kabupaten Pidie Provinsi Aceh Yang Akan Mengikuti AKMI Tahun 2021
No Nama Madrasah Jumlah Siswa
1 MIN 3 PIDIE 42
2 MIN 4 PIDIE 23
3 MIN 5 PIDIE 16
4 MIN 7 PIDIE 44
5 MIN 8 PIDIE 13
6 MIN 9 PIDIE 97
7 MIN 10 PIDIE 27
8 MIN 11 PIDIE 41
9 MIN 13 PIDIE 19
10 MIN 17 PIDIE 108
11 MIN 18 PIDIE 111
12 MIN 19 PIDIE 24
13 MIN 20 PIDIE 31
14 MIN 21 PIDIE 47
15 MIN 22 PIDIE 23
16 MIN 23 PIDIE 23
17 MIN 24 PIDIE 35
18 MIN 25 PIDIE 72
19 MIN 30 PIDIE 82
20 MIN 31 PIDIE 15
21 MIN 32 PIDIE 27
22 MIN 33 PIDIE 39
23 MIN 34 PIDIE 11
24 MIN 35 PIDIE 20
25 MIN 36 PIDIE 35
26 MIN 37 PIDIE 51
27 MIN 44 PIDIE 33
28 MIN 48 PIDIE 23
29 MIN 49 PIDIE 24
30 MIN 52 PIDIE 13
31 MIN 53 PIDIE 11
32 MIS BLANG PANDAK 14
33 MIS PULO IE 17
34 MIS PULOLHOIH 12
35 MIS SAKTI 32
36 MIS TGK CHIK KRUENG SEUKEUK 19
Jumlah 1274
6. Panduan Ruang Ujian CBT AKMI 2021
Link Youtube Tentang Gladi Kotor AKMI 2021
7. Panduan Setting VDI AKMI 2021
8. VDI AKMI 2021
Download Link VDI untuk MODA SEMI ONLINE:
3. vdi akmi
Prosedur syncron VDI AKMI
1). Pastikan VDI sudah di konfigurasi dengan benar di virtual box dan sudah dapat berjalan tanpa error.2.) Login ke aplikasi untuk proktor dan pengawas menggunakan alamat link http://192.168.0.212/pengawas/web/
3). Login untuk siswa menggunakan alamat link http://192.168.0.212
4). Login untuk proktor menggunakan Kode Server dan Password Server [ Dapat dilihat di web pdakmi ]
5). Login untuk pengawas menggunakan Kode Pengawas dan Password Pengawas [ Dapat dilihat di web pdakmi ]
6). Lakukan Patch ke versi 3.2 melalui menu patch. Pastikan koneksi internet berjalan aman
7). Setelah Patch berhasil, silahkan lakukan syncron dari Nomor 1 (Ujian) sampai 6 (Paket Peserta)
8). Logout dan matikan VDI kemudian backup/copy VDI yang sudah tersyncron ke folder atau drive lain.?
9. Persiapan dan Pelaksanaan AKMI Tahun 2021
Tidak ada komentar:
Posting Komentar